RPP KD 1.3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Mengerjakan penjumlahan dan pengurangan
C. Materi Essensial
- Masalah penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari. Hlm. 38
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | ||||
Pendidik | Peserta didik | ||||
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 5 | |||
2. Kegiatan Inti o Mempekenalkan kepada siswa dengan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Guru membacakan soal o Menjelaskan masalah penjumlahan = o Menekankan bahwa bertambah banayak artinya menjadi lebih banyak o Menjelaskan masalah pengurangan, dan menekankan bahwa berkurang artinya menjadi lebih sedikit o Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 39 | Siswa menjawab secara lisan tanpa menggunakan perhitungan matematika Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan guru berkaitan : - bertambah banyak artinya menjadi lebih banyak - berkurang artinya menjadi lebih sedikit memeperhatikan, bekerjasama dengan teman sebangku Mengerjakan latihan 1 hlm. 39 | 50 | |||
3. Penutup o Menugaskan untuk mengerjakan soal yang diberikan guru o Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Menggunakan simbol +, - dan = dalam menyelesaikan masalah
C. Materi Essensial
- Menggunakan simbol +, - dan =. Hlm. 41
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menjelaskan masalah sehari-hari terkait dengan penjumlahan dan pengurangan | Mencatat indikator | 5 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal hlm 41 o Memperkenalkan kata kunci untuk penambahan (+) yaitu dikumpulkan, digabung, diberi lagi, memebeli lagi, meminjam lagi, datang lagi dan seterusnya. o Memperkenalkan kata kunci untuk pengurangan (–) yaitu diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang. o Memperkenalkan simbol = untuk menyatakan hasilnya o Menugaskan mnegerjakan latihan 1. Hlm. 43 | Memperhatihan soal hlm. 41 Mempelajari kata kunci untuk : - penambahan (+) yaitu dikumpulkan, digabung, diberi lagi, memebeli lagi, meminjam lagi, datang lagi dan seterusnya. - pengurangan (–) yaitu diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang. Mengerjakan latihan 1 | 50 |
3. Penutup o Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah | Mengerjakan pekerjaan rumah | 5 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Menghitung penjumlahan dua bilangan
C. Materi Essensial
- Penjumlahan dua bilangan tanpa menyimpan, Hlm. 44
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Mengarahkan murid utnuk menemukan penjumlahan yang dibawa dari cerita ringan yang berisi penjumlahan benda kongkret | Mencatat indikator | 10 |
2. Kegiatan Inti o Mengajarkan penjumlahan gambar benda, kemudian penjumlahan lambang bilangan - menjumlahkan dengan bilangan satu - menjumlahkan dengan bilangan bukan satu - menjumlahkan dua bilangan yang sama nilainya o Menugaskan mengerjakan latihan 1, 2 hlm. 45 o Menjelaskan permainan pasanganselanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 5 dan 6 o Guru memeberikan pertnyaan lisan pada murid untuk menghitung secara cepat. o Menugaskan mengerjakan latihan 7 dan 9 | Memperhatikan guru, mengenai - menjumlahkan bilangan satu - menjumlahkan dengan bilangan bukan satu - menjumlahkan dua bilangan yang sama nilainya mengerjakan latihan 1 s.d 6 murid langsung menulis hasil penjumlahan dibuku tulisnya mengerjakan latihan 7 s.d 10 dan latihan mencongak | 100 |
3. Penutup o Menugaskan untuk mengerjakan : - latihan 3, 4 Hlm. 46, 47 - latihan 8 dan 10 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 10 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu : Kelima s.d ketujuh / 6 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
B. Indikator
o Menghitung penjumlahan tiga bilangan
o Menghitung pengurangan dua bilangan
C. Materi Essensial
- Penjumlahan tiga bilangan satu angka secara berurutan. Hlm. 57
- Pengurangan dua bilangan tanpa teknik meminjam. Hlm. 62
- Pengurangan tiga bilangan satu angka secara berurutan Hlm. 71
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 15 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan contoh soal hlm. 57 o Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 58 o Guru menggunakan pendekatan penjumlahan kongkret, dilanjutkan dengan semi kongkret/gambar dan terakhir abstrak yaitu memakai lambang bilangan o Menugaskan mengerjakan latihan 2 dan 3 o Mengerjakan mencongak o Mengajarkan pengurangan dua bilanagan: - Mengurangkan dua bilangan satu angka - Mengenal bilangan nol melalui pengurangan o Mengerjakan latihan 1 s.d 5 o Menjelaskan contoh pengurangan tiga bilangan, selanjutnya menugaskan mnegerjakan latihan 1 Hlm. 71 | Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan guru. mengerjakan tugas dari guru mengerjakan latihan 2 dan 3 Siswa menemukan sendiri konsep pengurangan Mengerjakan ltihan 1 s.d 7 Sisa menggunakan alat bantu untuk menghitung, misalnya jari tangan, dan lidi | 150 |
3. Penutup o Menugaskan untuk mengerjakan latihan 4 Hlm. 61 dan latihan 6 dan 7 | Mengerjakan pekerjaan rumah | 15 |
0 komentar: