Kamis, 08 September 2011

RPP KD 1.3

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.3  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B.    Indikator
o    Mengerjakan penjumlahan dan pengurangan

C.    Materi Essensial
  • Masalah penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.  Hlm. 38

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator


5
2.     Kegiatan Inti
o    Mempekenalkan kepada siswa dengan masalah sehari-hari yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Guru membacakan soal

o    Menjelaskan masalah penjumlahan


                                                       = 

o    Menekankan bahwa bertambah banayak artinya menjadi lebih banyak

o    Menjelaskan masalah pengurangan, dan menekankan bahwa berkurang artinya menjadi lebih sedikit

o    Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 39


Siswa menjawab secara lisan tanpa menggunakan perhitungan matematika


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan guru berkaitan :
-     bertambah banyak artinya menjadi lebih banyak
-     berkurang artinya menjadi lebih sedikit

memeperhatikan, bekerjasama dengan teman sebangku


Mengerjakan latihan 1 hlm. 39

50

3.     Penutup
o    Menugaskan untuk mengerjakan soal yang diberikan guru
o    Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah



Mengerjakan pekerjaan rumah


10








Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu         : Kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.3  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B.    Indikator
o    Menggunakan simbol +, - dan = dalam menyelesaikan masalah

C.    Materi Essensial
  • Menggunakan simbol +, - dan =. Hlm. 41

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Menjelaskan masalah sehari-hari terkait dengan penjumlahan dan pengurangan


Mencatat indikator


5
2.     Kegiatan Inti
o    Menjelaskan contoh soal hlm 41

o    Memperkenalkan kata kunci untuk penambahan (+) yaitu dikumpulkan, digabung, diberi lagi, memebeli lagi, meminjam lagi, datang lagi dan seterusnya.

o    Memperkenalkan kata kunci untuk pengurangan (–) yaitu diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang.

o    Memperkenalkan simbol = untuk menyatakan hasilnya

o    Menugaskan mnegerjakan latihan 1. Hlm. 43


Memperhatihan soal hlm. 41

Mempelajari kata kunci untuk :
-     penambahan (+) yaitu dikumpulkan, digabung, diberi lagi, memebeli lagi, meminjam lagi, datang lagi dan seterusnya.
-     pengurangan (–) yaitu diberikan kepada, dipinjam, diminta, diambil, pergi, lari, terbang.




Mengerjakan latihan 1


50

3.     Penutup
o    Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah




Mengerjakan pekerjaan rumah


5




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.3  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B.    Indikator
o    Menghitung penjumlahan dua bilangan

C.    Materi Essensial
  • Penjumlahan dua bilangan tanpa menyimpan, Hlm. 44

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengarahkan murid utnuk menemukan penjumlahan yang dibawa dari cerita ringan yang berisi penjumlahan benda kongkret


Mencatat indikator


10
2.     Kegiatan Inti
o    Mengajarkan penjumlahan gambar benda, kemudian penjumlahan lambang bilangan
-   menjumlahkan dengan bilangan satu
-   menjumlahkan dengan bilangan bukan satu
-   menjumlahkan dua bilangan yang sama nilainya

o    Menugaskan mengerjakan latihan 1, 2 hlm. 45
o    Menjelaskan permainan pasanganselanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 5 dan 6

o    Guru memeberikan pertnyaan lisan pada murid untuk menghitung secara cepat.


o    Menugaskan mengerjakan latihan 7 dan 9


Memperhatikan guru, mengenai
-     menjumlahkan bilangan satu
-     menjumlahkan dengan bilangan bukan satu
-     menjumlahkan dua bilangan yang sama nilainya

mengerjakan latihan 1 s.d 6



murid langsung menulis hasil penjumlahan dibuku tulisnya


mengerjakan latihan 7 s.d 10 dan latihan mencongak


100

3.     Penutup
o    Menugaskan untuk mengerjakan :
-   latihan 3, 4 Hlm. 46, 47
-   latihan 8 dan 10



Mengerjakan pekerjaan rumah


10






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Penjumlahan dan Pengurangan
Pertemuan / waktu         : Kelima s.d ketujuh / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.3  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

B.    Indikator
o    Menghitung penjumlahan tiga bilangan
o    Menghitung pengurangan dua bilangan

C.    Materi Essensial
  • Penjumlahan tiga bilangan satu angka secara berurutan. Hlm. 57
  • Pengurangan dua bilangan tanpa teknik meminjam. Hlm. 62
  • Pengurangan tiga bilangan satu angka secara berurutan Hlm. 71

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator


15
2.     Kegiatan Inti
o    Menjelaskan contoh soal hlm. 57
o    Menugaskan mengerjakan latihan 1. Hlm. 58

o    Guru menggunakan pendekatan penjumlahan kongkret, dilanjutkan dengan semi kongkret/gambar dan terakhir abstrak yaitu memakai lambang bilangan

o    Menugaskan mengerjakan latihan 2 dan 3
o    Mengerjakan mencongak

o    Mengajarkan pengurangan  dua bilanagan:
-   Mengurangkan dua bilangan satu angka
-   Mengenal bilangan nol melalui pengurangan

o    Mengerjakan latihan 1 s.d 5
o    Menjelaskan contoh pengurangan tiga bilangan, selanjutnya menugaskan mnegerjakan latihan 1 Hlm. 71


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan guru.

mengerjakan tugas dari guru

mengerjakan latihan 2 dan 3





Siswa menemukan sendiri konsep pengurangan


Mengerjakan ltihan 1 s.d 7
Sisa menggunakan alat bantu untuk menghitung, misalnya jari tangan, dan lidi


150

3.     Penutup
o    Menugaskan untuk mengerjakan latihan 4 Hlm. 61 dan latihan 6 dan 7



Mengerjakan pekerjaan rumah


15





0 komentar: