RPP KD 1.1
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Menyebutkan banyaknya suatu benda
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Membacakan kalimat pembuka pada hlm. 2 | Mencatat indikator Siswa mendengarkan Sambil membaca buku | 5 |
2. Kegiatan Inti o Guru menyebutkan benda benda yang terdapat pada gambar - ada berapa meja ? - ada berapa tas ? - ada berapa kursi ? - ada berapa buku ? o Menugaskan mengerjakan: - latihan 1 - latihan 2 | Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan bendasarakan gambar hlm 2 Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2 | 50 |
3. Penutup o Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah | Mendengarkan motivasi guru | 5 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 5 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan lambang bilangan sama dengan mengenal sesuatu yang abstrak. o Kreativitas guru dalam menggunakan metode an alat peraga pada kegiatan belajar mengejar, sangat menentukan pemahaman murid dalam membaca lambang bilangan. - membacakan bilangan 1 sampai 5 dan menugaskan siswa untuk menirukan ucapan dari guru o Membimbing siswa mengucapkan lambang bilangan secara berurut dengan memperhatikan lambang bilangan pada latihan 1 hlm. 5 | Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama membacakan bilangan 1 sampai 5 berdasarkan gambar Mengerjakan latihan 1 | 50 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan | Mendengarkan motivasi guru | 5 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai alat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 5 |
o Memperkenalkan siswa bentuk lambang bilangan o Memberikan contoh cara menuliskan lambang bilangan o Memberikan tugas latihan menulis secara bertahap - menulis dengan jari mengikuti anak panah - menulis dengan jari di udara - menulis dengan jari di atas meja - menulis dengan pensil o Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3 dan 4 | Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama Mendengarkan dan mempraktikan cara menulis Mengerjakan latihan 2, 3 dan 4 | 50 |
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan | Mendengarkan motivasi guru | 5 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 |
2. Kegiatan Inti o Guru membacakan lambang bilangan 6 sampai dengan 10 o Guru menugaskan siswa mengerjakan latihan 5 dan 6 o Guru memberikan contoh cara menuliskan lambang bilangan 6 sampai dengan 10 o Menjelaskan latihan pengayaan hlm. 15 | Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama Mengerjakan latihan 5, 6 Siswa menulis lambang bilangan dengan tahapan - menulis dengan menggunkan jari mengikuti arah anak panah, dilanjutkan dengan menulis di udara dan selanjutnya menulis di meja - mengerjakan latihan 7, 8, dan 9 Mengerjakan latihan pengayaan | 100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan | Mendengarkan motivasi guru | 10 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Keenam dan ketujuh / 4 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerajakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan | Mencatat indikator | 10 |
2. Kegiatan Inti o Membacakan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 o Menugaskan mengerjakan latihan 11, o Guru meminta murid membacakan lambang bilangan dengan lisan tanpa menghitung benda pada latihan 2. o Mengerjakan latihan 13 o Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 o Menugaskan mengerjakan latihan 14 | Mendengarkan penjelasan lambang bilangan 11 sampai dengan 20 Mengerjakan latihan 11 dan 12 Mengerjakan latihan 14 | 100 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan o Menugaskan mnegerjakn latihan 15 dan 16 | Mendengarkan motivasi guru | 10 |
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
A. Kompetensi Dasar
1.1 Membilang banyak benda
B. Indikator
o Membandingakan dua kumpulan
C. Materi Essensial
o Membilang banyak benda
o Membaca dan menulis lambang bilangan
o Membandingkan dua kumpulan benda
D. Media Belajar
o Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o Gambar sebagai lat peraga
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN | Waktu (menit) | |
Pendidik | Peserta didik | |
1. Pendahuluan o Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan o Menugaskan mengempulkan pkerjaan rumah | Mencatat indikator | 5 |
2. Kegiatan Inti o Menjelaskan cara membandingkan dua kumpulan benda dengan kalimat : - Lebih banyak dari - Sama dengan - Lebih sedikit dari o Menugaskan mengerjakan latihan 1 o Guru mengunakan benda kongkret berupa buku dan pensil maupun sendok dan garpu atau yang lainnya untuk memahami konsep perbandingan. Selanjutnya ditingkatkan di semi kongkret dan akhinya lambang bilangan untuk perbandingan. o Menugaskan siswa mengerjakan latihan pengayaan hlm. 25 | Mendengarkan penjelasan cara membandingkan dua kumpulan benda Mengerjakan latihan 1 Mengerjakan latihan pengayaan | 50 |
3. Penutup o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan | Mendengarkan motivasi guru | 5 |
0 komentar: