Kamis, 08 September 2011

RPP KD 1.1

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Membilang banyak benda

B.    Indikator
o    Menyebutkan banyaknya suatu benda

C.    Materi Essensial
o    Membilang banyak benda
o    Membaca dan menulis lambang bilangan
o    Membandingkan dua kumpulan benda

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Membacakan kalimat pembuka pada hlm. 2



Mencatat indikator

Siswa mendengarkan Sambil membaca buku


5

2.     Kegiatan Inti
o    Guru menyebutkan benda benda yang terdapat pada gambar
-   ada berapa meja ?
-   ada berapa tas ?
-   ada berapa kursi ?
-   ada berapa buku ?

o    Menugaskan mengerjakan:
-   latihan 1
-   latihan 2





Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan bendasarakan gambar hlm 2




Menugaskan mengerjakan latihan 1 dan 2



50

3.     Penutup
o    Memotivasi untuk mengulang pelajaran di rumah



Mendengarkan motivasi guru


5






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu         : Kedua / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Membilang banyak benda

B.    Indikator
o    Membaca dan menuliskan lambang bilangan

C.    Materi Essensial
o    Membilang banyak benda
o    Membaca dan menulis lambang bilangan
o    Membandingkan dua kumpulan benda

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Gambar sebagai lat peraga

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator




5

2.     Kegiatan Inti
o    Menjelaskan lambang bilangan sama dengan mengenal sesuatu yang abstrak.

o    Kreativitas guru dalam menggunakan metode an alat peraga pada kegiatan belajar mengejar, sangat menentukan pemahaman murid dalam membaca lambang bilangan.
-   membacakan bilangan 1 sampai 5 dan menugaskan siswa untuk menirukan ucapan dari guru

o    Membimbing siswa mengucapkan lambang bilangan secara berurut dengan memperhatikan lambang bilangan pada latihan 1 hlm. 5



Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama

membacakan bilangan 1 sampai 5 berdasarkan gambar






Mengerjakan latihan 1




50

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




5

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Membilang banyak benda

B.    Indikator
o    Membaca dan menuliskan lambang bilangan

C.    Materi Essensial
o    Membilang banyak benda
o    Membaca dan menulis lambang bilangan
o    Membandingkan dua kumpulan benda

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Gambar sebagai alat peraga

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

  1. Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator




5

  1. Kegiatan Inti
o    Memperkenalkan siswa bentuk lambang bilangan
o    Memberikan contoh cara menuliskan lambang bilangan
o    Memberikan tugas latihan menulis secara bertahap
-       menulis dengan jari mengikuti anak panah
-       menulis dengan jari di udara
-       menulis dengan jari di atas meja
-       menulis dengan pensil

o    Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3 dan 4



Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama
Mendengarkan dan mempraktikan cara menulis







Mengerjakan latihan 2, 3 dan 4



50

  1. Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru



5





Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu         : Keempat dan kelima / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Membilang banyak benda

B.    Indikator
o    Membaca dan menuliskan lambang bilangan

C.    Materi Essensial
o    Membilang banyak benda
o    Membaca dan menulis lambang bilangan
o    Membandingkan dua kumpulan benda

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Gambar sebagai lat peraga

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator




10

2.     Kegiatan Inti
o    Guru membacakan lambang bilangan 6 sampai dengan 10

o    Guru menugaskan siswa mengerjakan latihan 5 dan 6

o    Guru memberikan contoh cara menuliskan lambang bilangan 6 sampai dengan 10








o    Menjelaskan latihan pengayaan hlm. 15


Mendengarkan penjelasan lambang bilangan sama

Mengerjakan latihan 5, 6


Siswa menulis lambang bilangan dengan tahapan
-     menulis dengan menggunkan jari mengikuti arah anak panah, dilanjutkan dengan menulis di udara dan selanjutnya menulis di meja
-     mengerjakan latihan 7, 8, dan 9


Mengerjakan latihan pengayaan


100

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




10






Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu         : Keenam dan ketujuh / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Membilang banyak benda

B.    Indikator
o    Membaca dan menuliskan lambang bilangan

C.    Materi Essensial
o    Membilang banyak benda
o    Membaca dan menulis lambang bilangan
o    Membandingkan dua kumpulan benda

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Gambar sebagai lat peraga

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator




10

2.     Kegiatan Inti
o    Membacakan lambang bilangan 11 sampai dengan 20
o    Menugaskan mengerjakan latihan 11,

o    Guru meminta murid membacakan lambang bilangan dengan lisan tanpa menghitung benda pada latihan 2.

o    Mengerjakan latihan 13

o    Menuliskan lambang bilangan 11 sampai dengan 20

o    Menugaskan mengerjakan latihan 14


Mendengarkan penjelasan lambang bilangan 11 sampai dengan 20

Mengerjakan latihan 11 dan 12








Mengerjakan latihan 14


100

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o    Menugaskan mnegerjakn latihan 15 dan 16


Mendengarkan motivasi guru




10




Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Bilangan Cacah dan Lambangnya
Pertemuan / waktu         : Kedelapan / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Membilang banyak benda

B.    Indikator
o    Membandingakan dua kumpulan

C.    Materi Essensial
o    Membilang banyak benda
o    Membaca dan menulis lambang bilangan
o    Membandingkan dua kumpulan benda

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas I jilid 1A
o    Gambar sebagai lat peraga

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Menugaskan mengempulkan pkerjaan rumah



Mencatat indikator




5

2.     Kegiatan Inti
o    Menjelaskan cara membandingkan dua kumpulan benda dengan kalimat :
-       Lebih banyak dari
-       Sama dengan
-       Lebih sedikit dari
o    Menugaskan mengerjakan latihan 1

o    Guru mengunakan benda kongkret berupa buku dan pensil maupun sendok dan garpu atau yang lainnya untuk memahami konsep perbandingan. Selanjutnya ditingkatkan di semi kongkret dan akhinya lambang bilangan untuk perbandingan.

o    Menugaskan siswa mengerjakan latihan pengayaan hlm. 25


Mendengarkan penjelasan cara membandingkan dua kumpulan benda

Mengerjakan latihan 1









Mengerjakan latihan pengayaan



50

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru



5





0 komentar: